Tips Memilih Atap Green House Yang Tepat

By | April 10, 2017
Jenis plastik Greenhouse

Anda sedang mencari cara membuat green house mini dan bingung memilih atap yang tepat? Atau saat ini sudah memiliki green house namun bingung untuk mengganti atap yang lebih berkualitas? Bagaimana dengan bahan atap plastik? Ada banyak manfaat yang berbeda apabila Anda menggunakan plastik untuk rumah kaca. Plastik sangat mudah untuk dipasang serta menghabiskan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan bingkai kaca. Plastik dapat mempertahankan panas serta kelembaban di dalam rumah kaca Anda. Anda bisa memilih beragam jenis plastik yang dapat gunakan. Penasaran? Berikut adalah tips memilih atap green house dari berbagai jenis plastik.

Tips Memilih Atap Untuk Desain green house sederhana

Jenis plastik Greenhouse

Plastik greenhouse dibuat menjadi lebih tahan lama dibandingkan plastik biasa. Lembaran plastik biasa akan mudah robek ketika dipotong, tapi plastik rumah kaca khusus dibuat untuk dapat bertahan terhadap cuaca. Jenis plastik ini sangat sangat cocok untuk membingkai struktur rumah kaca sehingga cocok untuk pertanian.

Pada dasarnya, plastik rumah kaca sebagian besar terbuat dari empat jenis plastik. Plastik ini biasanya akan tahan hingga 2 sampai 3 tahun sebelum mereka perlu diganti. Tentu saja, hal ini tidak memperhitungkan cuaca ekstrim seperti angin topan, tornado, hujan es, dll. Apa saja jenis plastik tersebut? Berikut ulasannya!

  • Polyethylene Plastic
    Tips memilih atap green house yang pertama adalah polyethylene plastik. Jenis plastik ini juga tersedia dalam dua jenis yang berbeda: kelas komersial untuk aplikasi industri besar dan utilitas kelas untuk penggunaan pribadi. Sebagian besar rumah akan menggunakan utilitas kelas yang diperuntukkan untuk penggunaan pribadi. Polyethylene plastic akan bertahan selama satu atau dua tahun ketika disimpan dalam kondisi baik.
  • Copolymer Plastic
    Setingkat di atas polyethylene plastic adalah copolymer plastic. Plastik jenis ini sedikit lebih tahan lama apabila dibandingkan dengan polyethylene plastic. Copolymer plastic bisa bertahan di atas rumah kaca Anda lebih dari tiga tahun. Pembekuan dan pencairan dari plastik akan menyebabkan itu menjadi rapuh setelah beberapa tahun.
  • Polyvinyl Plastic
    Ini adalah jenis yang lebih mahal dari plastik dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Oleh karena itu polyvinyl plastic lebih tahan lama dibandingkan dengan yang sebelumnya. Rumah kaca ditutupi plastik polivinil akan mendapatkan keuntungan dari kelebihan plastik ini. Penggantian tidak harus terjadi sampai setelah lima tahun jika Anda telah melakukan perawatan yang baik dengan cara pembersihan secara teratur dan inspeksi.
  • Polycarbonate Plastic
    Tips memilih atap green house yang terakhir adalah polycarbonate plastic. Yang paling tahan lama dari semua plastik rumah kaca adalah polycarbonate plastic. Hal ini karena plastic jenis ini sebenarnya ganda, atau berdinding kembar dari bahan plastik polyethylene. Plastik jenis ini dapat bertahan hingga satu dekade jika dirawat dengan benar.
Baca juga   Punya Green House? Kenapa Tidak Budidaya Tanaman Bunga Cantik Ini?

Jika Anda berpikir untuk membangun atau mengganti atap green house Anda, kini saatnya Anda beralih pada plastik yang menawarkan berbagai macam keuntungan bagi rumah kaca Anda. Dari 4 jenis yang telah dijelaskan di atas, yang mana yang Anda pilih? Hal ini tentu tergantung denga budget yang Anda siapkan. Tunggu apalagi! Segera dapatkan plastik pillihan Anda di toko material terdekat. Demikian pembahasan mengenai tips memilih atap green house. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *