5 Langkah Mudah Membuat Mini green house

By | March 6, 2017
Alat dan cara membuat green house

Anda pecinta tanaman hias? Ingin bertanam namun tidak punya cukup lahan? Tenang saja, Mini green house adalah solusi cerdas untuk Anda. Alat dan cara membuat green house ini tergolong mudah. Anda pun bisa mendapatkannya di toko bangunan terdekat. Green house mini sendiri sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk upaya pembibitan dan tentunya lebih budget friendly. Berikut adalah 5 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rumah kaca yang cantik!

Mini Green House DIY Paling Mudah

Langkah 1
Anda hanya memerlukan pipa PVC dan pipa T sebagai bahan utamanya. Mengenai ukuran, hal ini tergantung dengan apa yang Anda inginkan. Namun, Anda disarankan untuk memilih pipa PVC yang relative tipis dan memiliki lebar tidak lebih dari 1,5 ‘’. Ukuran terbaik adalah ¾’’ atau 0,75’’. Anda juga harus yakin besar bahwa antara pipa PVC dan pipa T ini harus ccocok jika dipasangkan. Pada dasarnya pipa PVC dan sendinya inilah yang akan menjadi kerangka dari Mini green house Anda.

Langkah 2
Di sini, Anda perlu menyambungkan pipa PVC yang akan Anda gunakan sebagai dinding. Anda dapat mmulai dengan menghubungkan pipa vertikal ke bagian pipa horisontal dengan menggunkan sambungan pipa T.

Langkah 3
Setelah pipa untuk dinding sudah beres, kini Anda saatnya untuk merancang pipa untuk atas. Anda perlu untuk untuk menghubungkan pipa dinding dengan pipa atap. Catatan penting di sini adalah bahwa atas yang Anda buat tidaklah datar. Mengapa? Hal ini karena atap yang datar akan mengurangi jumlah cahaya yang bisa melewatinya serta dapat menyebabkan hujan atau embun akan lebih mudah memasuki bagian dalam Green house mini Anda.

Langkah 4
Pada step ini, Anda perlu untuk menempatkan tanaman-tanaman hias Anda yang ingin dimasukkan dalam greenhouse mini. Agar kelihatan indah, Anda dapat menempatkan tanaman hias tersebut ke pot yang terbuat dari tanah atau pot lain sesuai dengan selera Anda. Usahakan untuk memilih pot dan tanaman yang memiliki ketinggian tidak terlalu berbeda agar bisa memberikan nilai estetika dan tidak terkesan semrawut. Hal ini juga dapat mempermudah perawatan yang dapat Anda lakukan.

Baca juga   Mau Membuat Greenhouse? Tipe Greenhouse Berikut Akan Membantu Anda!

Langkah 5
Langkah penutup yang perlu Anda lakukan adalah. menutupi struktur dengan plastik atau kain, tergantung pada keinginan Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan lembaran plastik, gunakanlah plastik bening tipis untuk menutupi seluruh struktur dengan satu lembar plastik besar saja jika mungkin. Apapun materi yang Anda gunakan untuk menutupi, Anda bisa menghiasnya kemudian dengan menalikan pita pada bagian luarnya. Bagaimana? Mudah bukan?
Demikian ulasan mengenai 5 langkah mudah membuat Mini green house. Kini, dengan bahan-bahan yang simple yakni pipa PVC dan pipa T, Anda mampu untuk membuat rumah kaca impian Anda serta dapat berkebun walaupun tidak memiliki lahan yang luas. Tak hanya itu saja, rumah kaca Anda ini akan menampilkan estetika bagi siapa saja yang melihatnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *