Mau Bisnis Bidang Pertanian? Kenali Dulu Manfaat Green House Berikut!

Anda pernah dengar manfaat green house? Tentu bukan istilah asing lagi buat kita yang hidupnya di era modern ini. Green house atau biasa disebut rumah kaca merupakan sebutan untuk bangunan konstruksi yang dirancang tembus cahaya yang bertujuan untuk memanipulasi lingkungan sesuai kebutuhan tumbuhan di dalamnya. Namun, tidak semua green house terbuat dari material kaca, ada juga dari plastik, achrilic atau material lain yang tembus cahaya. Green house bukan lagi isu terbaru di bidang pertanian. Petani di Indonesia pun sekarang sudah mulai mengenal tujuan greenhouse dan mulai banyak yang memanfaatkannya. Simak penjelasan berikut!

Manfaat Green House Untuk Pertanian

  • Jadwal panen teratur
    Kendala iklim masih sering dijumpai petani kita. Entah itu karena musim hujan sehingga tumbuhan kelebihan air dan menjadi busuk atau karena musim kering yang melayukan tumbuhan. Namun, dengan mengaplikasikan green house produksi tanaman Anda menjadi lebih teratur dan tidak bergantung dengan perubahan cuaca lagi. Anda dapat mengatur suhu, kelembaban yang diinginkan sesuai dengan teknik pemeliharaan tumbuhan Anda.
  • Hasil panen meningkat
    Hasilpanen dapat dinikmati lebih cepat dibandingkan jika menggunakan cara konvensional. Sebab, nutrisi dan pemeliharaannya cenderung stabil. Tanaman Anda terjaga dari serangan hama, perubahan cuaca dan juga dari polusi udara. Dengan begitu, tanaman Anda dapat tumbuh tanpa kendala eksternal yang biasanya didapati ketika menanam secara konvensional.
  • Kualitas panen meningkat
    Manfaat green house selanjutnya adalah meningkatkan kualitas produksi. Mengapa? Sebab, seperti penjelasan di atas, kondisi lingkungan yang dimanipulasi sestabil mungkin akan mendukung proses pertumbuhan tanaman secara maksimal.
  • Meminimalisir penggunaan pestisida
    Green house melindungi tanaman Anda dari serangan hama dan serangga. Jadi, untuk apa lagi Anda menggunakan pestisida.
  • Sebagai sarana investasi
    Ada jenis green house yang dapat dipindah-pindahkan. Sehingga, jika tidak terpakai lagi dapat Anda jadikan aset yang berharga dan sangat sell-able.
  • Sarana agrobisnis dan agrowisata
    Manfaat green house skala besar untuk green house yang luas, terkadang digunakan sebagai tempat agrowisata dimana pembeli datang memilih dan memetik buah atau bunga yang mereka inginkan.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN GREEN HOUSE
Keuntungan mengaplikasikan green house dalam usaha pertanian Anda adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman atau buah Anda. Dengan begitu, konsumen akan meningkat. Apalagi ketika Anda mengetahui manfaat green house atap plastik UV yang dapat mengurangi intensitas cahaya matahari yang belakangan ini meningkat. Sehingga tanaman Anda tidak terlalu kering dan tetap segar.

Meskipun begitu, untuk mendapat keuntungan green house plastik UV Anda harus siap merogoh biaya lebih. Sebab, penggunaan plastik UV sebagai atap green house memerlukan konstruksi yang matang. Harga plastik UV pun ditentukan dari kadar UV yang terkadung. Harga dimulai 2jutaan untuk plastik UV 6% per roll.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat green house, semoga bermanfaat. Selamat bercocok tanam!

About The Author

You might be interested in

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *