Mempelajari Bercocok Tanam Hidroponik

Kegiatan bercocok tanam membutuhkan keahlian yang dapat dipelajari semua orang. Berbagai pilihan metode dapat dicoba dan dilakukan seperti salah satunya ialah metode Hidroponik. Bercocok tanam Hidroponik adalah menanam tanaman dengan menggunakan media utama berupa air. Mungkin ada sebagian dari Anda yang merasa aneh dan asing, namun metode menanam ini sudah banyak dilakukan. Khususnya dalam menanam tanaman organik. Nah, ada beberapa macam tanaman yang unggul bila ditanam dengan metode Hidroponik. Apa saja? Ini dia ulasannya.

  1. Sayuran
    Menanam dengan metode ini memiliki banyak kelebihan di antaranya ialah tidak bergantung pada cahaya matahari dan terhindar dari resiko hama perusak sehingga hasilnya lebih bersih. Tanaman yang ditanam dengan metode ini juga biasanya dapat dikonsumsi secara kesuluruhan dikarena akar dan batangnya yang bersih. Salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam dengan Hidroponik ialah sayuran. Sayuran-sayuran tersebut berupa Selada, Cabe, Tomat, Timun, Sawi, Bayam, dan Kangkung. Dalam proses penanamannya, perlu adanya controling agar penanaman sayuran-sayuran ini berjalan dengan sesuai.
  2. Buah-Buahan
    Dengan bertanam Hidroponik beberapa tanaman buah juga dapat ditanam dan tumbuh secara baik. Buah-buahan tersebut ialah Melon dan Tomat. Sediakan ruang yang lebih luar dan larutan nutrisi yang sesuai agar pertumbuhan tanaman buah-buahan Hidroponik lebih maksimal. Misalnya saja Melon, buah ini merupakan buah berukuran besar yang membutuhkan ruang yang lumayan besar pula.
  3. Tanaman Herbal dan Bunga
    Berikutnya yang merupakan tumbuhan unggul menggunakan metode Hidroponik ialah tanaman herbal seperti Daun Mint dan Daun Basil. Hal ini dapat membuat apotik hidup sendiri di lingkungan rumah. Ada beberapa jenis bunga yang dapat sukses ditanam dengan metode ini yaitu Mawar serta Anggrek. Penanaman bunga menggunakan metode Hidroponik akan menghasilkan bunga yang mekar lebih sempurna.

Tentunya akan sangat menyenangkan bila dapat menanam aneka tanaman tumbuhan sendiri di rumah. Selain dapat menjadi media relaksasi, Anda juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari hasil dari usaha sendiri. Jangan lupa, pilihlah bibit tanaman Hidroponik yang unggul juga berkualitas.

About The Author

You might be interested in

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *